Rabu, 30 Maret 2016

Review Buku : Pemrograman C++ (Dasar pemrograman berorientasi objek)

Dalam blog ini nantinya akan banyak di isi dengan review suatu buku, yang gunanya sebagai media tambahan untuk penulis dalam pembelajarannya. Tidak jauh dari tulisan sebelumnya yang berjudul Review buku: Pemrograman python (Teori dan Implementasi) tulisan ini juga hanya akan dimuat latihan atau source-source code yang diberikan sebagai latihan pembaca di dalam buku.

Jadi diharapkan pembaca blog ini dapat belajar latihan membuat program-program dari soal yang tersedia dalam tulisan ini, yang diharapkan juga pembaca setidaknya sudah mengetahui dasar-dasar pemrograman C++. untuk pembelajaran penulis usahakan akan membuat tulisannya sendiri tidak digabung dalam satu post.

Penulis : R.H. Sianipar
Penerbit : Andi
Content :
1. Dasar Pemrograman C++
2. Penanganan Data
3. Tipe-Tipe Gabungan 
4. Loop dan Ekspresi Relasional
5. Percabangan dan Operator Logika
6. Fungsi : Modul Pemrograman C++
7. Petualangan dalam Fungsi
8. Model Memori dan Namespace
9. Objek dan Kelas
10. Array, Pointer dan Objek
11. Lebih lanjut dengan kelas.

Buku ini terdiri dari 11 bab yang bertujuan untuk memahami dasar dari pemrograman beroreantasi objek. Catatan juga tidak semua latihan soal yang diberikan dalam buku akan ditampilkan dalam blog ini, untuk menghargai hak cipta dan pengefekifan tulisan ini penulis hanya akan menampilkan yang dikiranya penting dan menarik di setiap bab.

Note : 
Penulis mengunakan IDE DevC++ dengan compiler versi-11.  

Bab 1. Dasar Pemrograman C++

1. Buatlah program C++ untuk menampilkan nama dan alamat anda.



2. Buatlah program c++ yang meminta masukan jumlah kilometer dari keyboard dan mengkonversinya menjadi meter.



3. Membuat program C++ konvert suhu derajat celcius ke derajat fahrenhait dengan melibatkan fungsi.


4. Butlah program C++ untuk mengkonversikan tahun cahaya dengan menghasilkan unit astronomi ekivalen. Formula 1 Tahun cahaya = 63.240 unit astronomi.



5. Bualah suatu program C++ yang meminta user untuk memasukkan jumlah jam dan menit. Fungsi main() harus melewatkan kedua nilai tersebut ke suatu fungsi void untuk ditampilkan.


Bab 2. Penanganan Data 

1. Jika anda memiliki dua pecahan, a/b dan c/d, buatlah program penjumlahan pecahan tersebut dengan menghasilkan keluaran berupa pecahan juga. 



2. Buatlah program untuk menayakan tinggi badan anda dalam satuan sentimeter dan ubahlah tinggi badan anda dalam satuan meter dan sentimeter.



3. Buatlah program yang meminta masukan jumlah detik dan ditugaskan kepada suatu variable long. Kemudian tampilkanlah waktu ekivalen dalam jam, menit dan detik. Gunakan konstanta simbolik untuk mempresentasikan jumlah dalam jam dan, jumlah menit dan jumlah dalam detik.



4. Buatlah Suatu program yang meminta untuk mengetri jumlah uang(Dalam rupiah). kemudian ubahlah jumlah uang tersebut menjadi US$(Dollar amerika) , Franc(Mata uang prancis), Poundsterling(Mata uang inggris), dan Yen(Mata uang jepang).
ketentuan : 1 Dollar amerika Rp. 8.700 , 1 Franc = Rp. 13.545, 1 Poundsterling = Rp. 14.890, dan 1 Yen = 115. Tampilkan hasil-hasil konversi moneter tersebut.



Bab 3. Tipe-tipe Gabungan

1. Tulis suatu program yang meminta dan menampilkan informasi seperti yang ditunjukkan.

Dengan menggukan file string.h :



Dengan menggunakan array char :



2. Tulis suatu program struktur getuk memiliki 3 anggota. Anggota pertama memuat merek, anggota kedua memuat berat dan ketiga memuat jumlah kalori. yang membuat variable asli_indonesia dan menampilkan informasi di dalamnya.



3. Struktur getuk memuat tiga anggota, seperti pada no 2, Tulis program yang menciptakan array yang memuat tiga struktur getuk, dan menginialisasikanya sendiri, dan menampilkan informasinya.


Bab 4. Loop dan Ekspresi Relasional

1. Buatlah suatu program yang meminta user untuk memasukkan dua integer. program kemudian menghitung dan melaporkan penjumlahan integer-integer yang berada di antara dua bilangan. 



2. Buatlah program untuk memasukkan angka-angka numerik. Program kemudian menghitung jumlah yang dimasukkan. Program harus berhenti jika user memasukkan bilangan 0.



3. Ester berinvestasi Rp. 100 dengan bunga 10 persen. Oleh karena itu setiap tahun investasi tersebut akan menghasilkan keuntunngan sebesar 10 persen. Tulislah suatu program untuk menghitung berapa waktu yang dibutuhkan agar keuntungan ester dari bunga sebesar Rp. 1000.



4. Anda sedang menjual buku pemrograman C++. Tulislah program yang meminta anda untuk mengentri jumlah buku yang terjual dalam buku selama 3 tahun. Dan program melaporkan jumlah total penjualan buku dalam setahun.



Bab 5. Percabangan dan Operator Logika

1. Buatlah suatu program yang membaca masukkan dari papan ketik. Pembacaan berhenti sampai ditemukan simbol @ yang pertama. Program yang dibuat menampilkan kembali masukkan yang diterima(Kecuali karakter angka), mengkonversi setiap huruf kapital menjadi huruf kecil dan mengkonversi huruf kecil menjadi huruf kapital.(Menggunakan fungsi-fungsi dalam keluarga cctype)



2. Tulislah program yang membaca 10 nilai donasi dan menempatkan mereka ke dalam suatu array double. program harus berhenti ketika dia menerima masukkan yang non-numerik(bukan angka). program kemudian melaporkan rata-rata donasi yang melebihi nilai rata-rata donasi.

3. Membuat program dengan ketentuan yang tertulis, dengan menggunakan fungsi switch().



Bab 6 Fungsi : Modul Pemrograman C++

1. Tulislah program yang meminta user untuk memasukkan sepuluh skor bowling, yang akan disimpan dalam array. Anda harus menyediakan suatu cara untuk menghentikan masukkan juka mengentri masukkan bukan numerik. Program kemudian menghitung rerata dan menampilkan skornya menggunakan tiga fungsi pemroses array.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar