Rabu, 23 Maret 2016

Compile python file to windows executable file

Requirement tools :


Tidak seperti c/c++ dan pascal qbasic dan sejenisnya yang mempunyai kompilasi bawaan IDE yang dibuat oleh borland dan sejenisnya, jika anda membuat file program dengan python maka secara standarisasi dari python akan diberi ekstensi dengan nama .py namun demikian anda tetap bisa menjalankan program anda dalam interpreter yang tersedia dalam paket yang anda download, IDE python.

Dan kemungkinan akan diberikan catatan tambahan untuk kompilasi kedalam linux yang tersedia juga dalam dokumentasi yang diberikan py2exe namun ini hanyalah sebuah catatan singkat dan penulis juga belom mencobanya.

Kompilasi ini hanya bisa dilakukan oleh versi python 2.X bukan versi yang 3.X, walaupun saya lebih menyarankan untuk memakai python versi 2.x ketimbang versi 3.x karna jika anda menggunakan pemrograman ini untuk bahan pembelajaran anda maupun untuk project kecil-kecilan versi 2.x lebih banyak mendukung media library -nya. 

  • Langkah pertama [Testing program]
Sebelum dikompile, sebaiknya anda dapat mencoba program yang anda buat terlebih dahulu agar kompilasi dapat berjalan dengan lancar.

  • Buat file script dengan nama setup.py

ganti hello.py dengan nama file program yang ingin anda kompilasi.


  • Jalankan setup sript
Setelah dijalan-kan akan tampil proses kompilasinya pada command line anda.


  • Jalankan program exe anda
Program file yang sudah dikompilasi otomatis akan tersimpan dalam folder dist yang terletak dalam root directory yang sama anda dapat membuka folder foldernya lalu jalankan program yang sudah anda buat.

Catatan : 
Langkah kompilasi dalam operating system di linux.
http://stackoverflow.com/questions/304883/what-do-i-use-on-linux-to-make-a-python-program-executable

Tidak ada komentar:

Posting Komentar