Sabtu, 19 Maret 2016

Introduction to php programming #pt1

require skill : nope, dalam perilah untuk belajar pemrograman ini tapi untuk mengerti isi dari tulisan ini setidaknya pernah belajar tentang algoritma dan pemrograman dan sangat baik lagi jika sudah menguasai salah satu bahasa.

tools : 


Keterangan : PHP digunakan dalam pengolahan user dan proses masukan, mysql untuk database dan apache server adalah server yang digunakan untuk menjalankan aplikasi PHP, yang kita tahu aplikasi ini adalah aplikasi yang sideserve yang dijalankan di sisi server.


Untuk dalam pengaturan penginstalannya silahkan lihat dalam dokumentasi link terkait, namun jika yang ingin instalasi-nya dilakukan otomatis sudah disiapkan paket-paket seperti


Intro 

PHP dibuat oleh Rasmus lerdrof yang awalnya dibuat untuk mengetahi informasi para pengunjungnya agar dapat menghitung berapa user yang sudah mengunjungi homepage-nya, ya benar awalnya PHP adalah  Personal Home Page yang dibuatnya dengan perpaduan Perl dan C.

Perl yang sendirinya adalah "Lagend scripting dalam dunia web"  dengan menggunakan teknologi CGI yang tidak jauh dengan bahasa pemrograman Python yang sama menggunakan teknologi CGI dalam pengembangan web-nya. bisa dilihat di post sebelumnya mengenai python.

Dan juga dengan perpaduan dengan bahasa C , maka sintax dan konsepnya juga tidak jauh berbeda dengan C/C++. PHP sendiri sekarang sudah menjadi bahasa yang paling populer dikalangan para web developer bahkan juga untuk para programmer umumnya karena juga dalam PHP sendiri sudah disediakan library pemrograman GUI untuk Deskop yang field-nya semakin luas bukan hanya untuk web saja.

Dalam intro ini saya akan menjelaskan kira-kira :
  1. Gambaran umum pemrograman PHP
  2. Tipe Data
  3. Variable
Karena penulis juga sedang belajar dalam pemrograman ini akan sangat diterima saran dan kritikan dari pembaca. Dan penulis juga berharap untuk dapat membahas tentang konsep OOP atau pemrograman berorientasi objek dengan menggunakan pemrograman PHP yang bisa dilanjutkan ke hal yang lebih menarik lagi.

  • Gambaran umum pemrograman PHP

Tentang cara penulisan dalam php sebenarnya ada beberapa model yang dipakai namun yang umum yaitu :

dan varian yang lain
PHP disebut juga bahasa scrip karena PHP bisa diembeded ke dalam HTML , dan disebut sebagai faslitas On the fly.



  • Operasi String pada PHP 
operasi string adalah hal yang paling standart jika dalam mempelajari bahasa pemrograman apapun yang tujuannya untuk membuat program hello world :). dalam php disediakan beberapa sintaks tentang operasi ini yang mempunyai ciri-ciri tersendiri.

echo, yang paling umum dan mungkin bagi pemula lebih baik menggunakan sintaks ini dahulu yang menurut saya sudah powerfull untuk menyelesaikan banyak problem, contoh pemakaian :


dalam php sendiri tidak terlalu meninjau dalam pemakaian ";" di akhir statement namun dibeberapa buku memang menganjurkan.

Penulisan Script PHP dalam HTML, dalam aturan PHP sendiri tidak ada suatu aturan khusus dalam penempatan script PHP, yang artinya perogram bebas dalam menaruh scrip dalam HTML bisa diluar HTML, dalam tag body dan lain-lain.
contoh dalam tag body tidak jauh berbeda dengan yang diluar HTML, dimana script PHP hanya dipindahkan ke dalam [body] [/body]


  • Tipe Data

PHP Secara umum menyediakan atau mendukung empat(4) tipe data primitive, namun pada bagian ini penulis hanya menjinggung dua diantaranya.

  1. Tipe Data Scalar (Boolean , integer , float, string)
  2. Tipe Data Gabungan (Arrays , Objek)
  3. Tipe Data Resources 
  4. Tipe Data Mixed

  • Tipe Data Scalar
Tidak jauh dengan pemrograman lain dalam tipe data ini seperi Boolean yang didalamnya true dan false , integer untuk bilangan bulat , dan float adalah bilangan real numbers atau bilangan desimal.
yang menarik dalam php adalah anda bisa mencoba sintaks dibawah ini :
Script diatas akan menampilkan Output = 15 , dimana dalam pemrograman interpreter ini mendukung tipe konversi data secara otomatis.

Namun PHP juga mendukung konversi data secara tipe cast,seperti:
(int),(bool),(float),(string),(array),(object)


  • Tipe Data Gabungan 

Tipe data Compound ini yaitu arrays dan object akan dijelaskan pada lain pages, karena tipe data ini cukup digunakana pada berbagai bidang aplikasi yang berhubungan dengan koleksi data, yang erat juga kaitannya dengan object.


  • Variable


Dalam PHP variable ditandai dengan simbol $ yang juga mengikuti aturan case sensitive, yang artinya $Nilai != $nilai .

  • Predifined Variable
Merupakan variable yang sudah disediakan oleh PHP dalam librarynya , seperti :

  1. $Global , namun untuk versi >3.x sudah dibuang, yang berguna dalam mengatur var global
  2. $_POST , var yang umum dipakai dalam pemaian form
  3. $_Server ,var yang diatur dalam server
  4. dll.
  • Konstanta
Cukup sering dipakai dalam pembuatan project yang berguna dalam pembuatan variable statis yang artinya variable-nya tidak dalam diubah dalam seiringnya program berjalan.
Sebenarnya ada satu varian lagi dalam pendeklarasian yang akan dibahas dalam OOP agar lebih terstruktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar